Beberapa waktu belakangan, sering bertugas mengurus akun media sosial, mostly Twitter. Bukan cuma dealing dengan konten twitter untuk tempat kerja aja, tapi juga beberapa konten twitter klien (mulai dari perusahaan jasa, makanan, sampai event anak kuliahan). So, here's a thing that's been tickling me when I have to handle some tweets.
![]() |
Image from here |
Jumlah 140 karakter itu minim, tapi justru di sini tantangannya untuk memaksimalkan si konten. Nah, buat yang suka barter promo via twitter, ada beberapa hal yang kadang dilupain. Padahal, materi twitter kan dibuat oleh klien, tugas admin hanya perlu mengolah dan menjadwalkan konten twitter. Pemberian materi ini nih yang kadang kurang dimaksimalkan, padahal twitter sangat powerful untuk jadi media promosi. Dan mungkin gak semua admin akan cukup baik untuk memperbaiki materi twitter yang diberikan. Jadi, lebih baik siapkan konten twitter semaksimal mungkin, baru kemudian diserahkan kepada media partner yang bersangkutan. Kalo gak gitu, materi twitter justru bisa terancam gak sesuai permintaan dan harapan klien sendiri, gak mau kan?
Date by date
Setiap kali mengajukan media partner, pasti ada jangka waktu promo yang diinginkan. Misalnya, satu minggu sebelum acara, media berkewajiban untuk mempromosikan via twitter pada H-7 sebanyak dua kali dengan jam yang ditentukan. Saat membuat materinya, coba buat berdasarkan tanggal, bukan dibuat materi twitter secara umum. Selain bisa variatif, konten per hari ini pas banget untuk event yang punya 'muatan acara' cukup banyak, jadi bisa dibagi-bagi dan berbeda tiap harinya. Semakin mendekati acara, tentu isi twitter semakin ditegaskan dengan countdown sebagai reminder.
Pikir lagi: 5W+1H
Kembali soal muatan acara yang cukup banyak tadi, coba pikirkan: yakin muat di 140 karakter? Pilih materi yang paling menarik perhatian dan penting, seperti nama acara, tanggal dan tempat, pengisi acara (karena bisa mengundang perhatian), harga tiket. Pengisi acaranya banyak? Pilih 1 - 3 yang paling banyak diminati sama orang banyak.
Twitter account and website
Selalu cantumkan twitter account penyelenggara atau event, karena berguna banget untuk menyingkat tweet dan tentu memudahkan orang lain yang tertarik dengan acara untuk bertanya lebih lanjut. Dan pastinya mencantumkan alamat website ya, membantu untuk informasi lebih lanjut ketika 140 karakter gak mencukupi. Kalau anaknya cukup rajin, coba sesekali cantumkan versi shorten link (admin pasti senang)!
Attach, baby, attach
Punya e-flyer acara? Coba cantumkan juga untuk media, ya walaupun frekuensi twitpic gak akan banyak, tapi terhitung cukup membantu menginformasikan semua muatan acara kok.
Checking 140 characters
Yang ini gak wajib dilakukan, tapi ada baiknya sih dilakukan pengecekan saat membuat konten twitter event. Jangan sampai melebihi 140 karakter pastinya, karena pakai twit longer itu gak seru. Percaya atau gak kurang dari 140 karakter justru lebih bagus, karena gak akan terlihat 'kepenuhan' informasi. Lebih baik dilakukan pengecekan terlebih dahulu oleh klien, agar konten twitter tidak dipotong seadanya. Bagaimanapun kalian yang tau kekuatan dan jualan terbesar dari acara itu kan?
Told ya, it's all basic things! Sayangnya sering kali banyak yang lupa! Untuk anak kampus yang biasanya urus media partner semoga ini cukup membantu, tapi selalu percaya lah pada admin, mereka pasti pengertian.
No comments:
Post a Comment