Bicara soal pekerjaan apa yang sesuai dengan jurusan manajemen komunikasi, gue jadi inget lagi bagaimana pergelutan gue di akhir semester 2 yang lalu soal pilih-memilih jurusan. Kenapa gue tidak memilih humas dan jurnalistik yang bisa dibilang cukup jelas pekerjaannya dan malah memilih mankom yang gue sendiri belum begitu tahu akan jadi apa gue kedepannya. Tapi setelah belajar mata kuliah yang ada di semester 3 dan tentunya I-COMM ini, gue jadi mulai tahu apa pekerjaan yang pas dengan mankom. Dan gue juga melihat kalau jurusan mankom sepertinya bisa ditempatkan di mana saja. Beberapa contoh pekerjaannya seperti : marketing communication, media entrepreneur, advertising agency, brand manager, brand activator, brand consultant, marketing research, strategic planner, business development specialist, trainer, lecturer, dan masih banyak lagi.
Sebenernya, lulusan fakultas ilmu komunikasi bisa ditempatkan di mana saja apalagi mengingat industri media dan hiburan berkembang sangat pesat. Nah, kuncinya adalah bagaimana kita memanfaatkan ilmu yang sudah didapat ini biar bisa bermanfaat dengan baik ke depannya. Oh ya, dan sedikit mengutip career coach favorit gue, Rene Suhardono, agar selalu ingat untuk memilih pekerjaan berdasarkan passion, yaitu bukan selalu tentang apa yang kalian bisa, tetapi yang membuat kalian antusias. Jadi dari pekerjaan di atas, mana yang sesuai passion kalian?
Sekedar info buku rekomendasi, coba deh beli bukunya Rene yang berjudul Your Job Is Not Your Career, meskipun kita belum kerja, tapi paling ga bisa membuat kita terarah dan tahu apa passion kita.
Fanny :)
Terimakasih handout Kombis dan Kewirusahaan
Terimakasih atas gambarnya (klik).
No comments:
Post a Comment